3 Tips Menumbuhkan Kecintaan kepada Al-Quran untuk Anak Usia 2 Tahun

Dua puluh tahun lagi, tentu saja ayah & bunda berharap anak-anak nya akan menjadi seorang penghafal Quran. Perjalanan panjang tersebut harus diawali dengan langkah-langkah kecil dari orangtua sebagai pendidik pertama seorang anak

Ketika usia 2 tahun, kita tidak mungkin langsung meminta anak untuk menghafalkan Al-Quran. Kita harus memulai langkah awal dengan memberi keteladanan kepada mereka. Pada usia ini, keteladanan sangat berperan penting dalam mengarahkan perilaku dan kebiasaan anak. Ada beberapa tips yang dapat ayah & bunda lakukan untuk menumbuhkan kecintaan kepada Al-Quran untuk anak dibawah 2 tahun 

1.Menghidupkan suasana rumah dengan bacaan Al-Quran

Dapat dilakukan oleh orang tua dengan membiasakan diri membaca Al-Quran di rumah bersama dengan anak. Baik setelah subuh, maghrib, mapun waktu-waktu luang lainnya. Kebiasaan tersebut membuat tumbuh rasa nyaman terhadap anak saat berinteraksi dengan Al-Quran.

2. Memuliakan mushaf Al-Quran

Jika anak kita melihat orang tuanya memuliakan Al-Quran dengan meletakkannya pada tempat mulia dan tinggi, maka anak akan merekam nya dan akan memahami kedudukannya, sehingga akan tumbuh cinta terhadap Al-Quran.

3. Memangku anak saat membaca Al-Quran

Kadang kala, anak kita mengganggu saat kita sedang membaca Al-Quran. Janganlah kita tergesa-gesar untuk mengusir anak kita menjauh. Tetapi dekatilah dan dekaplah diatas pangkuan.

Anak yang masih berada di usia ini, lebih denderung menirukan. Maka pada jenjang ini proses pengondisian anak harus sudah dimulai. Yuk ayah & bunda, kita tetap semangat dalam mendidik anak kita agar terbiasa untuk berinteraksi dan mencintai Al-Quran.

Sumber : Buku Metode Tepat Agar Anak Hafal Al-Quran oleh Dr. Sa’ad Riyadh

Leave a Comment

Your email address will not be published.